Sabtu, 15 Juni 2013

Senam Yoga: Pose Meditasi

Pose Meditasi

Haloo sobatku semuaa.... Apa kabar? Semoga baek-baek ajah yah, Amiin!! :)
Sob, postingan kali ini mengenai salah satu pose dalam senam yoga, namanya pose meditasi. Yapz, tentu kalian udah tau dong apa itu meditasi? ;)
Tapi bagi yang belum tau, aku kasih tau sedikit nih.. Meditasi itu buat sarana para ahli yoga untuk memperoleh ketenangan, membersihkan diri dari beban pikiran kalian yang  bikin kalian frustasi. Hehe :D
Jadi, pose ini cocok buaangeeet jadiin obat bagi kalian yang frustasi karena pekerjaan, tugas, masalah, dll. Okeh bagi yang belum tau gimana caranya melakukan pose meditasi, saya akan menerangkan khusus buat sobat sobat semuaa..!!!! Tapi jangan lupa komen yahhh.. ;)
Ada 2 pose meditasi dalam yoga nih sob, yaitu :

1. Easy Pose atau sering disebut juga Sukhasana

Cara :
  1. Duduk di atas matras yoga atau lantai, silangkan kedua kaki. Posisikan tapak kaki berada tepat di bawah lutut.
  2. Tangan diposisikan menggenggam lutut.
  3. Kepala, Leher, dan punggung/tulang belakang tegak atau lurus dalam garis vertikal.
  4. Lihat gambar untuk panduan posenya. Bagi sobat yang cowo, jangan lihat yang "itu"nya yah, nanti punyanya kalian bisa tegang. hehehe :D
Bagi pemula, jika merasa belum nyaman dalam melakukan pose ini bisa meletakkan bantal sebagai alas.

2. Lotus Pose atau sering disebut juga Padmasana

Cara :
  1. Duduk dengan kedua kaki terentang. Pegang ujung kaki kanan dengan tangan dan letakkan di atas paha kiri sampai mencapai pangkal paha. Ujung kaki kanan bagian luar harus bisa mencapai lipatan paha.
  2. Pegang lutut kanan dengan tangan kanan sementara tangan yang lain menggenggam tapak kaki kanan.
  3. Di saat kaki kanan telah berada di paha kiri, pegang ujung kaki kiri dengan kedua tangan. Letakkan kaki kiri di atas paha kanan. Ujung kaki kiri bagian luar harus bisa mencapai lipatan paha.
  4. Sebagai pelengkap (pose lotus sempurna), letakkan kedua tapak tangan saling memangku. Posisi ke arah atas berarti meningkatkan stamina, sedangkan posisi menghadap ke bawah berarti ‘membumi’.
  5. Perhatikan gambar di samping untuk panduan pose ini.  
Sob, kedua posisi meditasi diatas selain bisa menenangkan jiwa dan pikiran, juga bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar loh.. dan plusnya lagi, bisa buat tubuh sobat cewe jadi lebih seksi loh, noh liat ajah yang yoga cantik dan seksi bukan? Ayo sob, buruan praktek ;)

Tidak ada komentar: